Saturday, March 24, 2012

Pengabdian #1

 
Halo! Kali ini saya akan berbagi pengalaman yang berbeda dan tidak terlupakan. Saat libur Nyepi tiba, saya bersama ketiga sahabat saya pergi ke suatu desa untuk menjalankan sebuah misi kemanusiaan. Kami diminta untuk membantu para senior dalam acara khitanan masal yang diselenggarakan oleh salah satu SMA.

Desa yang kami tuju yaitu Talawaan Bajo. Waktu perjalanan yang ditempuh kurang lebih 45-50 menit dari pusat kota Manado. Saat tiba disana, kami dan senior langsung menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan. Setelah selesai, kami berempat ternyata dibagi terpisah di masing-masing meja bersama senior yang bertugas.

Anak-anak mulai berdatangan. Khitanan pun dimulai. Pada awalnya saya pikir saya hanya bantu mengambilkan alat atau bahan yang diperlukan sambil mengamati senior melakukan khitanan. Ternyata oh ternyata………. saya diminta untuk turun tangan langsung melakukan khitanan manual ini. Lalu saya jadi gugup sendiri. Adrenalin mulai terpacu. Saya akhirnya memberanikan diri menyuntik anastesi dan membantu menjahit! Keringat terus mengucur selama proses berlangsung. Padahal baru mahasiswi FK semester 2, belajar nyuntikya aja cuma di sponge, belajar jahit belum pernah sama sekali! Tapi Alhamdulillah, semuanya lancar atas bantuan dari senior. Ya emang percuma sih kalo cuma ngeliatin doang, kalo ngelakuin baru berasa jadi ‘dokter’ beneran hihi.

Capek, seneng, lega, dan bangga sama diri sendiri. What a priceless moment! Challenge done ;)

No comments:

Post a Comment